About Me

Foto saya
jakarta, Indonesia
Hai,terimakasih sudah mampir ke blog saya. Nama saya Lintang,pemilik blog ini. saya ibu dari 2 anak yang sudah beranjak remaja. saat ini mencoba mengisi waktu dengan belajar bermain kain dan gunting.. Cibibun berharap masyarakat Indonesia suatu saat nanti lebih menghargai dan mencintai produk lokal kreasi anak bangsa daripada produk import

Rabu, 11 Januari 2012

About Me

Duluuu sama sekali ga ada kepikiran jahit,boro boro suka....tertarikpun tidak. Sampai akhirnya dipinjemin mesin jahit janome sama mbakku yang punya 3littlemice. itupun sempet 6 bulan ga tak sentuh sampe berdebu. sampai akhirnya diambil lagi sama mbakku dan dijual. selang setahun kemudian iseng bantuin mbakku nyulam pesenannya, dan mbakku karena punya 2 mesin jahit lagi yang lama dipinjemin lagi sekaligus minta bantuin pembantuku untuk bantu jahit kantong tile, lumayan hasil jahitan tile bisa buat jajan pembantuku kata mbakku. trus iseng beli pola buku jepang tentang menjahit baju di kinokuniya. malah ga tertarik buat baju tapi didalemnya ada pola tas, iseng buat handbag aja yang simple. dan ternyata setelah beberapa kali gagal,bisa rapih juga buat tas yang bisa dibolak balik itu...
Mbakku tertarik dan minta dibuatin dengan dipasang label dia untuk dia jual...lumayan uji nyali deh waktu itu....dan ternyata kok dijual mbakku laku hahahaaa amazing!! Sejak itu mulai bantuin dan belajar sama mbakku ...daaaan aku gak lagi menjahit karena malas dan mulai ga tertarik hihiiii. aku bantuin mbakku untuk buat suvenir dan bantuin jualan ke temen temen aja saat itu. karena udah kewalahan mulai cari tetangga yang bisa bantu,kebetulan karena mbakku tinggal di lokasi yang elit agak susah cari orang dan aku yang tinggal di daerah pinggir lebih gampang cari orang...tukang pola pake bekas tukang cuciku,jahit dibantu tukang ojekku yang dulu punya pengalaman di garmen,tukang sulam dibantu ibu ibu sekitar. berjalan beberapa waktu akhirnya penyakit males malesanku kumat lagiiiiii......aku mengundurkan diri cieee bahasanaya hahaa aku akhirnya ga bantuin mbakku lagi di 3littlemice.
Karena aku memang orang yang agak unik kata suamiku ! hahaaa susah diatur, jadi agak bandel kalo harus bekerja ikut orang, Walau kerjanya juga bukan kantorannnn tapi tetep jiwa ku ga mau terikat diatur...suka tergantung mood, jadi kasian kalo kerjaan mbakku malah jadi kacau ,kalau aku masih disitu,karena suka semau gue ngerjainnya hihiii. dan akhirnya mesin jahit milik mbakkupun aku kembalikan lagi karena saat itu udah males jait jait lagi.
Setelah konsultasi panjang sama orang tua ,mereka menyarankan untuk tetap dijalur itu dengan label sendiri sambil mengisi waktu,daripada bengong. kupikir bagus juga saran mereka...Setelah merengek ke suami supaya dibeliin mesin jahit baru,maka aku mulai buat label sendiri dengan nama Cibibun by Lintang. berbeda dari mbakku karena dia lebih ke suvenir dan pernak pernik balita. maka aku buat pasarnya lebih bebas,terutama karena anakku sudah beranjak remaja aku lebih mudah masuk ke pasar abg melalui teman sekolah Ailsa. aku buat aksesoris,tas simpel untuk anak SMP,baju, juga kado ultah atau valentine untuk anak abg tapi dengan harga yang murah sesuai uang jajan anak SMP.
Di luar itu aku juga diminta tolong buat suvenir dari handuk buat nikah,sunat,ulang tahun sama tetangga....karena untuk dewasa jadi lebih simpel kalo suvenir handuk,ga seribet untuk anak anak. karena aku ga mau terikat pada satu kekhususan aja dalam membuat hasil karya,jadi semua mau aku coba buat selagi aku bisa sambil belajar dari buku buku kerajinan.
Tapi tetep aja hahahaahaa penyakitku kambuh kambuhan...kadang kalo lagi males ya terpaksa ga diterima pesenan daripada dipaksakan juga hasilnya ga sepenuh hati. Toh buat aku kan bukan materi yang dicari,karena sudah tanggung jawab suami menafkahi hihiii. tapi lebih ke hobi aja. kerena bagiku handmade itu bukan robot yang bisa dipaksakan dalam pembuatannya, hasil yang sudah jadi adalah cerminan hati si pembuat... sama halnya kita lihat hasil baju masal buatan pabrik tentu beda rasanya kalau kita liat karya satuan dari seorang desainer. itu yang kuyakini,dari pada aku ngoyo ngerjain pesenan demi materi.... tapi jiwaku ga ada di handmade yang kubuat,lebih baik mengerjakannya menunggu mood datang karena hasilnya akan lebih bagus...perpaduan hati,jiwa dan seni.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar